Apr 12, 2012

Memaknai Kunjungan PM David Cameron

Jurnal Nasional | Kamis, 12 Apr 2012
Velix Wanggai



Indonesia menyambut hangat kedatangan PM Inggris, David Cameron. Setelah pertemuan bilateral dengan Presiden SBY, PM David Cameron akan menyampaikan pidato di Universitas Al-Azhar, Jakarta. David Cameron adalah perdana menteri Inggris yang paling muda dalam hampir 200 tahun. Dari sebuah pemilihan umum yang sangat kompetitif, Partai Konservatif akhirnya meraih kursi terbanyak (306 kursi) diikuti oleh Partai Buruh (258 kursi) dan Partai Liberal Demokrat (57 kursi). Karena tidak meraih suara mayoritas utama, akhirnya David Cameron mengajak Ketua Partai Liberal Demokrat, Nick Clegg untuk membentuk koalisi. Agenda terpenting koalisi adalah membangun stabilitas ekonomi, menangani defisit anggaran negara, dan merumuskan strategi ekonomi-politik yang tepat dalam menghadapi krisis ekonomi Eropa.

Kedatangan ke Indonesia dapat dilihat juga sebagai upaya Inggris untuk memperkuat hubungan perdagangan dan investasi Inggris di Indonesia. Apalagi kedatangan PM Inggris ini didampingi oleh Menteri Perdagangan dan Investasi, serta 35 pengusaha ‘Negeri Ratu Elizabeth‘. Presiden SBY secara intens membicarakan agenda investasi, perdagangan, pendidikan, pertahanan, serta perubahan iklim. Seusai berbicara dengan Presiden SBY, PM Cameron memuji transformasi Indonesia, baik di jalur ekonomi maupun politik. Ekonomi Indonesia yang tumbuh ini menjadi momentum yang baik bagi Inggris untuk mengembangkan investasi dan perdagangan. Juga, transformasi politik di Indonesia menjadi contoh yang baik bagi negara-negara lain di Asia, demikian ujar PM Cameron, yang memimpin Inggris sejak pertengahan 2010 lalu. Kerjasama antara PT. Garuda Indonesia (BUMN) dan Airbus adalah bukti bahwa Indonesia dipandang sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia yang ternyata berkontribusi bagi pemulihan ekonomi Inggris.

Ketika menyaksikan perjanjian antara pimpinan Airbus dan PT. Garuda Indonesia, PM David Cameron menyatakan, “This deal between Airbus and Garuda Indonesia is great news for the UK aerospace industry. It will safeguard jobs at the design facility in Bristol and the manufacturing plant in Broughton in North Wales‘(www.adsgroup.org.uk, 11/4/2012). Hal ini dapat dimaknai bahwa kontrak pembelian 11 pesawat baru Airbus ini menghadirkan manfaat yang penting dalam lapangan kerja di Inggris. Paling tidak, kontrak ini berdampak secara langsung bagi 10.000 tenaga kerja dan lebih dari 100.000 tenaga kerja yang ikut menyuplai berbagai komponen pesawat di perusahaan Airbus. Demikian pula, Airbus Military dan PT. Dirgantara Indonesia telah membangun kemitraan jangka panjang yang menempatkan PT. Dirgantara sebagai mitra pemasok kelas satu bagi Airbus. Dua bulan lalu, tepatnya pada 15 Februari 2012, Menteri Pertahanan Indonesia, Purnomo Yusgiantoro dan CEO Airbus Military, Domingo Urena-Raso, menandatangani kontrak pembelian 9 pesawat CN 295 dengan menyertakan PT. Dirgantara Indonesia yang membuat sejumlah bagian pesawat tersebut. Dalam konteks ini, PT. Dirgantara akan membuat bagian ekor pesawat, bagian belakang tubuh pesawat, panel-panel bagian tubuh pesawat, paket-paket pekerjaan pengembangan sistem pelatihan berbasis komputer dan pusat perawatan di Indonesia.

Apa yang dicapai dalam hubungan Indonesia-Inggris ini dapat dilihat sebagai kontribusi Indonesia bagi pemulihan ekonomi Inggris. Di tengah ekonomi kita tumbuh mencapai 6,4 persen, ternyata Inggris sedang berjuang untuk mengangkat ekonomi mereka yang tumbuh 0,6 persen pada akhir 2011. Maknya penting adalah Indonesia adalah mitra strategis bagi Inggris yang terkenal dengan ‘Barclays English Primier League‘ ini

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...