Mar 10, 2016

Bakohumas Mendorong Kecepatan Respon dan Pemberian Informasi Kementerian/Lembaga

Kamis , 10 Mar 2016

Dirjen  Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Djoko Agung Haryadi membuka Rapat Kerja (Raker) Pengurus Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Kementerian/Lembaga (K/L) dan BUMN, Selasa (8/3)  di Bandung, Jawa Barat.

Djoko mengungkapkan bahwa agenda raker tersebut merupakan tindak lanjut dari pelantikan pengurus Bakohumas  tahun lalu di Surabaya, Jawa Timur. Selain itu juga dari  arahan yang disampaikan Presiden RI pada tanggal 4 Februari 2016.

“Salah satu arahan Presiden RI di Istana beberapa waktu lalu adalah humas yang berada di kementerian/lembaga harus memiliki kecepatan dalam merespons dan kecepatan memberikan informasi, harus sadar media. Terkait dengan Bakohumas, saya harapkan kementerian/lembaga bisa  mengesampingkan ego sektoral. Kedepankan kebersamaan dan sinergi. Jangan hanya fokus pada masalah-masalah yang ada di kementeriannya saja,”kata Djoko

Dengan dasar itulah, Dirjen IKP dalam pembukaan Raker Bakohumas 2016 menyampaikan bahwa program kerja pengurus Bakohumas diharapkan selaras dengan arahan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi.
“Salah satu tolok ukur keberhasilan adalah terfokus dalam konteks Government Public Relation (GPR),” jelas Djoko.

Dirjen IKP mencontohkan bentuk sinergi kementerian/lembaga adalah keberhasilan dalam mengelola informasi penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tingi (KT) Luar Biasa ke-5 OKI yang disebarluaskan melalui jaringan Bakohumas. Penyelenggaraan OKI kemarin menjadi trending topic di Twitter dan media sosial lain.
Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi Publik, Kementerian PUPR Velix Wanggai menjelaskan bahwa  sebelum penyelenggaraan rapat kerja pada Hari Senin (7/3),  pengurus Bakohumas melaksanakan koordinasi awal untuk menyiapkan draf agenda di Selasa (8/3). Beberapa masukan disampaikan oleh masing-masing pengurus.

Disebutkannya, Asisten Deputi Bidang Hubungan Kemasyarakatan dan Protokol Sekretariat Kabinet, Alfurkon Setiawan, menyampaikan bahwa salah satu hal yang dapat dilakukan oleh anggota Bakohumas adalah menyediakan fitur di situs kementerian/lembaga masing-masing. Dengan adanya fitur tersendiri dari Bakohumas di tiap situs kementerian/lembaga, semua informasi dapat masuk ke sana sehingga pemantauan tentang kegiatan masing-masing instansi dapat jelas terlihat

“Kami dari PUPR juga mengusulkan agar dibuat Bandung Agreement. Yakni pernyataan komitmen para pengurus Bakohumas dalam menjalankan tugasnya sebagai pengurus. Hal tersebut perlu dilakukan mengingat masing-masing pengurus juga memiliki agenda di K/L tempat kami bertugas,”ujar Velix.

Ditambahkannya, dalam raker tersebut masing-masing bidang yaitu Bidang Diseminasi Informasi, Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Advokasi dan Bidang Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Organisasi serta Sekretariat Bakohumas menyampaikan program –program kerja untuk dapat dilaksanakan pada Pengurus Bakohumas Periode 2015 -2020. (ind)

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...