Aug 23, 2014

SBY Berjasa Untuk Situs Mansinam

Sabtu, 23 Agustus 2014 09:04


Susilo Bambang YudhoyonoMANOKWARI — Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) harus diakui berperan besar dalam proses revitalisasi situs rohani pulau Mansinam.  Pasalnya, Presiden RI ke-6 ini yang menginisiasi dimulainya pembangunan dan  penataan kawasan situs bersejarah itu dengan menginstruksikan sejumlah kementerian teknis terlibat langsung di dalamnya. Dana ratusan miliar pun dikucurkan dari APBN untuk membangun Mansinam hingga menjadi seperti yang tampak sekarang.

SBY juga menjadi presiden RI pertama yang menginjakkan kaki di pulau yang menjadi gerbang peradaban baru orang Papua itu tepatnya pada 2009. Tidak heran, SBY pun ditahbiskan sebagai orang yang paling tepat meresmikan situs Mansinam, tidak hanya dalam kapasitasnya sebagai kepala negara tetapi juga sebagai pribadi. Dan sedianya, presiden SBY akan meresmikan situs Mansinam, pada besok hari.

Bupati Manokwari Dr. Bastian Salabai menilai, kesediaan presiden SBY meresmikan situs bersejarah itu merupakan bentuk penghargaan negara kepada orang Papua. Dalam perspektif rohani, bupati meyakini, Tuhan akan memberi balasan  setimpal kepada presiden SBY bersama keluarga karena telah datang meresmikan situs religi itu.

Keyakinan itu terilhami dari nubuat yang disampaikan zendeling Izhak Semuel Kijne yakni, ‘Barang siapa bekerja dengan jujur dan dengar-dengaran di atas tanah ini, dia akan memperoleh tanda heran yang satu ke tanda heran yang lain.’

“Mansinam adalah situs pekabaran Injil yang menjadi gerbang peradaban baru bagi orang Papua. Dia akan datangkan berkat jasmani dan rohani. Ketika presiden SBY meresmikan, beliau dia akan diberkati Tuhan, itu keyakinan rohani di tanah Papua, “ kata bupati di sela-sela peninjauan kerja bakti PNS membersihkan jalan utama kota, Jumat pagi. Salabai juga meyakini, Mansinam yang juga merupakan situs budaya akan menjadi saluran berkat bagi siapapun yang bekerja dengan jujur, tulus dan penuh dedikasi dalam profesinya masing-masing di seluruh wilayah

Papua. “Dia (SBY) akan mendapat berkat Tuhan untuk mengakhiri masa jabatannya, akan berikan berkat sosial dalam bentuk karir yang baik dan kesehatan kepada SBY, juga kepada semua PNS dan masyarakat, juga PNS, Pemda dan TNI/Polri, keluarganya, nasib dan masa depannya akan diberkati Tuhan. Dan semua akan jadi berkat untuk semua orang di Papua, “ tandas bupati yang juga seorang pendeta ini.

Seperti diketahui, pulau Mansinam memiliki arti penting bagi orang Papua. Di sini lah Injil, kitab suci umat Kristen, pertama kali diperdengarkan oleh dua misionaris Eropa, Ottow dan Geissler, 5 Februari 1855. Masuknya Injil menjadi tonggak pembaharuan bagi Papua.

Berkat Injil, orang Papua akhirnya beralih dari kehidupan lama yang diliputi ‘kegelapan’ menuju kehidupan baru yang penuh ‘terang,’ tidak hanya dalam dimensi rohani tetapi juga dalam aspek sosial dan aspek kehidupan lainnya. Alasan inilah yang mendasari lahirnya julukan Mansinam sebagai gerbang peradaban baru orang Papua. Mansinam kini tidak hanya menjadi milik orang Papua atau umat Kristen semata, tetapi menjadi situs lintas agama, budaya dan bangsa.

Sesuai pantauan, sehari menjelang kedatangan RI-1, kota Manokwari mulai tampak bersih dan rapi. Jalan-jalan utama kota mulai dipercantik. Selain dibersihkan dari sampah dan rumput liar, median jalan serta dinding trotoar pun dicat sehingga lebih kinclong. Jalanan juga tampak lebih semarak karena dipenuhi umbul-umbul dan bendera.

Kemarin, PNS Pemkab Manokwari bersama sejumlah elemen masyarakat turun lapangan membersihkan jalan-jalan utama terutama ruas yang akan dilalui presiden mulai dari Bandar udara Rendani hingga ke dalam kota. Bupati pun berharap, masyarakat ikut berpartisipasi menjaga kebersihan kota.

“Sehingga ketika presiden datang ke Manokwari dia lihat Manokwari ini aman, bersih indah dan menarik, “ kata Salabai. (sera/don/l03)

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...