Jan 21, 2015

DPD Dorong RUU Otsus Papua Masuk Prolegnas

Kamis, 22/01/2015 03:26 WIB

Hardani Triyoga - detikNews
 
Gubernur Papua dan Ketua DPD 
 
Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman menyatakan pihaknya akan mendorong usulan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Otonomi Khusus Papua sebagai agenda prioritas untuk masuk Prolegnas.

"DPD RI akan menjadikan aspirasi ini sebagai agenda prioritas. DPD akan bergerak melalui alat-alat kelengkapan untuk mendorong usulan RUU Otonomi Khusus Pemerintahan Tanah Papua," kata Irman dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/1/2015).

Irman menambahkan, DPD sudah memperjuangkan aspirasi otonomi khusus Papua ini sejak beberapa waktu yang lalu. Hal ini dilakukan saat DPD melakukan rapat kerja dengan menteri ataupun saat rapat konsultasi bersama ketua-ketua lembaga serta Presiden.

Menurutnya, dalam waktu dekat ini upaya yang bakal dilakukan DPD adalah dengan melakukan rapat konsultasi dengan DPR.

"Saya berharap bentuk kepedulian terhadap tanah Papua bukan hanya dalam bentuk pemberian dana melalui dana otonomi khusus. Namun juga perhatian dalam aspek lainnya, misalnya pendidikan, kesehatan, kehidupan sosial dan berbagai aspek lainnya untuk kesejahteraan masyarakat Papua," sebut senator asal Sumatera Barat itu.

Adapun Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba, menyebut bahwa DPD RI bakal membentuk Panita Kerja (Panja) untuk membahas pembangunan infrastruktur di tanah Papua.

"Dengan Panja ini diharapkan dapat membantu mempercepat perjuangan rakyat Papua untuk meraih otonomi khusus dan kesejahteraan di tanah Papua," sebutnya.

Sebelumnya, Ketua DPD Irman Gusman pada Selasa (20/1), menerima kedatangan Gubernur Papua Lukas Enembe dan para delegasi dari Provinsi Papua terkait aspirasi perlunya revisi Undang-Undang No.21/2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua.

Dalam pertemuan tersebut Ketua DPD RI Irman Gusman didampingi Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba, Wakil Ketua Panita Perancang Undang-Undang (PPUU) DPD RI Muhammad Afnan Hadi Kusumo, dan sejumlah Senator DPD RI dari provinsi Papua dan Papua Barat.

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...