Jan 21, 2015

DPD Dorong RUU Otsus Papua

Kamis, 22 Januari 2015 , 08:29:00 WIB

Laporan: Ruslan Tambak

IRMAN DAN LUKAS/NET
  

RMOL. DPD RI siap mendorong otonomi khusus Papua hingga garda depan, karena DPD telah memperjuangkan RUU Otsus sejak pemerintahan SBY.

Demikian disampaikan Ketua DPD RI Irman Gusman saat menerima kunjungan Gubernur Papua Lukas Enembe didampingi Ketua DPRD Papua Yunus Wonda serta Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murib di ruang rapat kerja Ketua DPD RI, dalam konsultasi RUU Otonomi Khusus Papua, Jakarta (Rabu/19/1).

"Kita akan dorong RUU Otsus Papua menjadi prioritas dan bekerja secara bersama-sama dengan para senator dari Papua dan Papua Barat, karena tujuan DPD didirikan adalah membangun di daerah," tutur Irman didamping senator dari Papua Mesak Mirin, Pdt Carles Simare-mare dan Edison Lambe.

Irman melanjutkan, DPD akan berjuang dan akan melakukan affirmasi kebijakan dan menyelesaikan hambatan-hambatan yang ada  (debottleneck) dengan para senator Papua.

"Kita akan berjuang, DPD bukan membangun daerah tapi membangun di daerah" tandasnya.

Dalam rapat tersebut, Ketua Komite II DPD Parlindungan Purba juga memberikan dukungan dan akan mempersiapkan Tim Panitia Kerja (Panja) Otsus Papua demi percepatan RUU otonomi khusus dan juga pembangunan infrastruktur di Papua.

Banyak bandara di Indonesia yang memiliki potensial untuk tumbuh sebagai bandara internasional dengan menjadikan bandara sebagai kota penerbangan sekaligus pusat pertumbuhan bisnis.

"Beberapa bandara di Indonesia seperti Bandara Ngurah Rai, Kualanamu dan Soekarno Hatta adalah bandara yang  berada dalam kota besar Indonesia yang akan mengembangkan perluasan penerbangan," ujarnya.

"Kami akan siapkan tim Panitia kerja untuk RUU otonomi khusus dan juga pembangunan infrastruktur," jelas Parlindungan Purba.

Sebelumnya, Gubernur Papua mengeluhkan bahwa banyak sumber daya alam di Papua yag diangkut tidak melalui smelter untuk pengolahan sehingga tidak pernah ada industri yang berkembang di Papua dan uang yang beredar hanya di Surabaya dan Sulawesi. [rus]

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...