Sep 3, 2018

Asian Games, Eks Stafsus SBY Puji Perpres Prestasi Olahraga Jokowi

Senin 03 September 2018, 11:02 WIB

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Asian Games, Eks Stafsus SBY Puji Perpres Prestasi Olahraga Jokowi 
Velix Wanggai (Ari Saputra/detikcom)
 
Jakarta - Pesta olahraga Asian Games 2018 telah usai. Apresiasi kepada pemerintahan Presiden Jokowi pun datang dari Sekjen PB Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Velix Wanggai.

"Porserosi memberikan apresiasi yang tinggi kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yang telah melakukan terobosan kebijakan keolahragaan melalui Peraturan Presiden No 95 Tahun 2017 tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON), yang memiliki dampak positif bagi pencapaian prestasi olahraga, termasuk sepatu roda," tutur Velix dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (3/9/2018).


Menurut mantan staf khusus Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, pemerintahan Presiden Jokowi telah mendukung keberhasilan tim sepatu roda. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah dibangunnya venue sepatu roda, yang dalam hal ini dilakukan oleh Kementerian PUPR.

"Sejak awal 2018, Kementerian PUPR membangun venue skateboard (skatepark) di Jakabaring Sport Center, Palembang, dengan standar internasional. Demikian pula Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, yang membenahi kembali sirkuit 400 meter sepatu roda," ungkap Velix.

Velix mengatakan, dengan persiapan kurang dari setahun, atlet kontingen sepatu roda RI bisa memberikan medali perak dan perunggu. Dua perak dipersembahkan oleh Sanggoe Darma Tanjung dan Jason Dennis Lijnzaat, sedangkan dua perunggu diraih oleh Pevi Permana Putra dan Bunga Nyimas, yang masih berumur 12 tahun.



"Walaupun belum meraih medali, atlet putra sepatu roda Indonesia, Muhammad Oky Andrianto, berhasil menyelesaikan balapan di posisi ketujuh. Atlet Indonesia mampu bersaing dengan kekuatan sepatu roda Asia lainnya, khususnya China Taipei, Korea, dan China," papar Velix.

Dia lantas menambahkan hal yang harus dipersiapkan ke depannya, khususnya untuk sepatu roda (roller sports). Disiplin skateboards dari roller sports pun akan dipertandingkan pada Olimpiade 2020.

"Terobosan kebijakan keolahragaan nasional melalui Peraturan Presiden No 95 Tahun 2017 tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional akan memperkuat keberlanjutan pembinaan dan pemerataan prestasi olahraga, termasuk sepatu roda di berbagai jenjang kompetisi," kata Velix.

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...