Sep 10, 2018

Pemda Kotawaringin Barat Akan Terus Tekan Angka Kemiskinan

 
 
(Ki-ka) : Dirut PT. Mitra Selaras Sukses Sejahterah, Renny Larasati – Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Kesejahteraan Sosial, Vivi Yulaswati – Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah dan Direktur Aparatur Negara Kementerian PPN/BAPPENAS, Velix Vernando Wanggai berpose bersama saat pembukaan Seminar Pemerintah Daerah Kab. Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah dengan  mengambil tema Perencanaan Penganggaran Daerah untuk Menuntaskan Kemiskinan, yang digagas oleh PT. Mitra Selaras Sukses Sejahterah, di Jakarta, Kamis (6/9). Foto : Dadang Subur
jakarta24jam.com – Ditemui saat pembukaan Seminar Pemerintah Daerah Kab. Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah dengan  mengambil tema “Perencanaan Penganggaran Daerah untuk Menuntaskan Kemiskinan” yang digagas oleh PT. Mitra Selaras Sukses Sejahterah, Bupati Kotawaringin Barat  Nurhidayah mengatakan, “Dari hasil seminar nanti akan menjadi acuan untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kedua, oleh karena itu kepada yang hadir dari SKPD (Satuan Kepala Pemerintah Daerah) agar dalam menyusun dapat melihat kondisi masyarakat kita, apalagi saat ini nilai kurs Rupiah dengan dolar AS hampir mencapai angka Rp 15.000, kita harus mengantisipasi sektor- sektor apa saja yang akan terdampak,”.
Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah tersebut hadir sebagai Keynote Speaker pada acara Seminar yang di ikuti 35 peserta SKPD Kotawaringin Barat di Sunlake Hotel, Danau Sunter, Jakarta Utara, Kamis (6/9/2018).

Pelaksanaan seminar perencanaan anggaran ini dilaksanakan pada tanggal 6 September 2018 (sesi pertama) dan tanggal 20 September 2018 sebagai sesi keduanya.
Sebagai pemateri adalah Dr. Velix Vernando Wanggai Direktur Aparatur Negara Kementerian PPN/BAPPENAS, Dr. Vivi  Yulaswati Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Kesejahteraan Sosial dan Drs. Dodo. M Dahlan Konsultan SDM PT. Pengayom Tani Sejagat.

“Atas nama pemerintah daerah kami  mengapresiasi kegiatan Bappenas hari ini, terutama kami sudah didatangi oleh narasumber untuk percepatan pembangunan yang ada di daerah Kab. Kotawaringin Barat seperti apa, tapi dengan adanya kegiatan ini kami berharap potensi yang ada di Kab. Kotawaringin Barat bisa menjadi nilai ekonomis untuk memajukan perkembangan provinsi Kalimantan Tengah, terutama untuk menopang masalah ekonomi masyarakat”,   ujar Nurhidayah.
Pemerintah daerah Kotawaringin Barat terus akan menekan angka kemiskinan dari 2017 dengan angka 4.75%, 2018 dengan 4.50% hingga tahun 2022 sampai dengan 3.50%.

“Insya Allah sampai akhir pemerintahan saya pada 2022 angka kemiskinan di Kotawaringin Barat akan terus ditekan hingga 3.50%,” kata Nurhidayah yang diantik jadi Bupati pada 22 Mei 2017 lalu.
Kabupaten Kotawaringin memiliki luas 10.759 KM2 dan berpenduduk berjumlah 248.971 jiwa data mantan kepala dinas Dukcapil yang saat ini kepala Inspektorat Kotawaringin Barat.
Bahkan menurut Bupati akan memperluas bandara karena begitu banyaknya permintaan akan jasa penerbangan, sudah diusulkan dalam anggaran jangka pendek pada tahun 2019 akan di perluas  900m2, dari 2100m2 hingga menjadi 3000m2.
“Kondisi Masyarakat Perlu dijadikan Acuan untuk menyusun RPJMD 2019,” ungkapnya, Nurhidayah. (TIP/RED)

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...