Aug 8, 2019

Kembangkan Pariwisata, Bappenas Dorong Diadakannya Acara Rutin di Papua


Penulis: Sigit Ariyanto Editor: mohamad yoenus  

RIBUNPAPUA.COM - Kementerian PPN/Bappenas berencana mengembangkan pariwisata Papua dengan mendorong digelarnya event reguler, seperti festival Lembah Baliem dan Teluk Humbold guna membuka sektor-sektor baru guna mendatangkan pemasukan bagi daerah.

Dikutip TribunPapua.com dari laman resmi Pemerintah Provinsi Papua, Jumat (9/8/2019), hal itu disampaikan oleh Direktur Daerah Tertinggal, Transmigrasi, dan Perdesaan Kementerian PPN/Bappenas, Velix Wanggai di Jayapura, Kamis (8/8/2019).

"Nanti Bappenas bakal buat satu kalender event reguler dengan memunculkan destinasi wisata priositas di Papua. Ini tujuannya agar perekonomian Papua bisa lebih berkembang di masa mendatang," terang Velix.


Selain sektor pariwisata, Bappenas juga melirik sektor baru lainnya, seperti pengembangan pertanian, perkebunan dan industri baru di Papua.
Harapannya, terjadi keseimbangan pertumbuhan ekonomi antara antara wilayah Jawa dan Indonesia bagian timur.

"Makanya, untuk sektor industri kami di pusat berkeinginan mendorong wilayah Sorong Selatan, Teluk Bintuni, dan Timika," ujarnya.

"Kemudian industri pertanian di Merauke yang harapannya bisa membuka pasar-pasar ke luar daerah. Sebab sentra produksi industri pangan di Merauke saja, bisa didorong supaya ada pemasaran ke wilayah pasifik," terangnya.

Sebelumnya, Velix dalam kunjugannya ke Jayapura, menyasar generasi milenial bumi cenderawasih untuk mewujudkan Subtainable Development Goals/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs/TPB) di Provinsi Papua.

Menurutnya, keinginan melibatkan kaum muda dikarenakan masa depan bangsa Indonesia ke depan, berada di tangan para generasi milenial.
(TribunPapua.com)


Penulis: Sigit Ariyanto
Editor: mohamad yoenus

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...