Nov 15, 2012

Pemerintah anggarkan Rp6 miliar untuk HKSN 2012

Rabu, 14 November 2012 19:42 WIB | 1350 Views


Ilustrasi (ANTARA News/Lukisatrio)
Anggaran untuk HKSN 2012 bersumber dari APBN sebesar Rp3 miliar dan dari APBD Rp3 miliar,"
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah menganggarkan Rp6 miliar untuk pelaksanaan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2012 yang puncaknya diperingati pada 20 Desember 2012 di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

"Anggaran untuk HKSN 2012 bersumber dari APBN sebesar Rp3 miliar dan dari APBD Rp3 miliar," kata Ketua Kelompok Kerja Persiapan HKSN 2012, Andi Hanindito, di Jakarta, Rabu.

Puncak peringatan HKSN 2012 akan dilangsungkan di Lapangan Ngaralamo Kota Ternate, dan direncanakan akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berserta Ibu Ani.

Rangkaian kegiatan HKSN 2012 antara lain, KSN Indotera expo, bedah kampung yang difokuskan juga di Ternate dan Maluku Utara, pengobatan massal gratis, operasi bibir sumbing dan katarak serta bhakti sosial.

Sekjen Kementerian Sosial, Toto Utomo Budi Santosa mengatakan, anggaran sebesar Rp6 miliar kecil karena pemanfaatannya yang cukup besar terutama untuk rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni, bantuan sosial dan akomodasi undangan untuk ke lokasi acara.

"Saya malah ingin anggarannya kalau bisa Rp50 miliar. Bayangkan saja untuk rehabilitasi rumah tidak layak huni satu unitnya Rp10 juta, ada 100 rumah sudah Rp1 miliar, jadi enam miliar itu kecil," kata Toto.

Ketua Umum HKSN 2012, Velix Wanggai mengatakan, peringatan HKSN ukan sekedar seremonial tapi gerakan nasional untuk kesetiakawanan sosial nasional.

"Kesetiakawanan sosial bukan hanya tugas dari Kementerian Sosial, tapi kesetiakawanan sosial adalah tugas kita bersama," kata staf khusus presiden tersebut.

Felix mengatakan, dalam beberapa kesempatan Presiden menyampaikan bahwa kesetiakawanan sosial adalah modal sosial bangsa Indonesia termasuk di dalamnya modal kultural dan spiritual.

"Kementerian Sosial yang menjadi leading terus melakukan pelaksanaan kesetiakawanan sosial tidak saja pada puncak 20 Desember tapi ada tiga timeline mulai dari kegiatan yang sudah berjalan, menjelang puncak peringatan dan pascaperingatan. Mari kita sama-sama menyatukan langkah dan berbagi peran," tambah Felix.

Wakil Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba menyatakan, siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan HKSN 2012.

"Kami untuk anggaran sudah siap penuh dan ini kami anggap sebagai sebuah kepercayaan yang sangat besar sekali, panitia daerah akan mendukung sepenuhnya," kata Abdul Gani.
(D016/F002)
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2012

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...