Feb 12, 2011

Velix Wanggai Ajak Mahasiswa Papua Kritis Membangun

S

Velix Wanggai (velixwanggai.blogspot.com)

JUBI --- Demikian ajakan yang disampaikan Staf Ahli Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bidang otonomi daerah dan pembangunan daerah, Velix Vernando Wanggai, saat memberikan kuliah umum bertajuk 'Peran Universitas dalam Pelaksanaan Otonomi Khusus di Papua', di kampus Universitas Sain dan Teknologi Jayapura (USTJ) di Abepura, Sabtu (12/2).

Velix berharap agar mahasiswa dapat mendukung Pemerintah Pusat dalam memajukan pembangunan dalam memberikan pemikiran kritisnya. "Kami sangat mengharapkan dukungan teman-teman mahasiswa kepada presiden," katanya lagi.

Ratusan mahasiswa dari sekitar 4000 mahasiswa di USTJ sangat aktif mendengarkan paparan materi dari Putra Papua ini. Diskusi berlangsung alot. Tapi tidak semua mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk bertanya bertanya karena dibatasi waktu.

Terkait wacana pemekaran Kabupaten di Papua, Wanggai menghimbau agar mahasiswa untuk bermitra dengan bupati-bupati setempat, sehingga memberikan catatan kritis dalam pelaksanaan jalannya pemerintahan. "Ini peluang untuk teman-teman, kira-kira Papua ini mau di bawa ke mana?," ucapnya ketika menjawab beberapa pertanyaan dari peserta yang hadir.

Sementaraitu, Bonefasius Bao, Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ekonomi, Sastra dan Sosial Politik USTJ, mengatakan semestinya mahasiswa Papua kritis untuk menanggapi setiap kebijakan pemerintah, baik provinsi atau pemerintah pusat. "Kita juga harus peka terhadap kondisi di luar kampus. Sebab di satu sisi Otsus (Otonomi Khusus) di Papua sebagai perekat. Tapi disisi lain, pelaksaannya tidak menyentuh kebutuhan riil

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...