Jul 20, 2012

Velix Wanggai, Cara Pandang Seorang Staf kepada Presiden

Penulis : Adri Prima | Jumat, 20 Juli 2012 | 04:33 WIB


Dibaca: 2105
JAKARTA, KOMPAS.com — Velix Wanggai, salah satu Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah, merilis dua buah buku yang berjudul Pembangunan Untuk Semua dan Mengelola Sebuah Perubahan.

Kedua buku terbitan Indomultimedia Communicatons Group tersebut memaparkan tentang kinerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pembangunan dan arah kebijakannya periode 2009-2014.

Bersamaan dengan peluncuran kedua buku tersebut, Velix mengadakan acara bedah buku yang bertempat di toko buku Gramedia Matraman, Jakarta Pusat, Kamis (19/7/2012) petang.

Acara tersebut juga dihadiri beberapa pengamat dari lembaga riset, LSM, dan akademisi. Salah satu peneliti LIPI, yakni Jaleswari Pramodhawardhani, menilai buku karya Velix merupakan cara pandang seorang staf khusus Presiden kepada seorang Presiden, bukan sebagai seorang putra Papua yang memandang Presiden.

Ia juga menilai bahwa sebagian besar pembahasan dalam buku tersebut hanya memaparkan perangkat-perangkat kebijakan SBY. "Buku ini masih dalam level kerangka, belum berbentuk daging," terang Jaleswari.

Ia menambahkan bahwa karya Velix tetap strategis karena secara tidak langsung Velix mencoba memfasilitasi masyarakat untuk mengkritisi kinerja SBY lewat karyanya.

"Dengan buku ini, kita yang berada di luar birokrasi mampu menilai apakah implementasi dari kebijakan-kebijakan yang diproduksi sama dengan apa yang ditawarkan," lanjutnya.

Namun, Jaleswari menganggap hasil buku tersebut sudah proporsional karena Velix sendiri adalah Staf Khusus Presiden. "Dengan posisi Velix yang merupakan staf Presiden, maka tidak mungkin buku ini berisi nilai-nilai oposisi," ujarnya.

Editor :
Benny N Joewono

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...