Jul 19, 2012

Velix Wanggai Luncurkan Buku Pembangunan Ala SBY


Kamis, 19 Juli 2012 | 20:40 WIB

Velix Wanggai. TEMPO/Wahyu Setiawan
TEMPO.CO, Jakarta - Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah, Velix Vernando Wanggai, meluncurkan dua buku yang mengupas strategi pembangunan kewilayahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.  Kedua buku berjudul “Pembangunan Untuk Semua” dan “Mengelola Sebuah Perubahan”  diluncurkan dengan sebuah diskusi di Jakarta, Kamis 19 Juli 2012.

"Dalam buku ini, saya mencoba memotret jejak-jejak langkah yang diupayakan, direncanakan  dan dipikirkan oleh Presiden SBY sejak perumusan sampai implementasi kebijakan," kata Velix.  Melalui bukunya,  doktor lulusan Australia ini mengajak pembaca  melihat berbagai segi pengelolaan dan  perubahan kebijakan pembangunan di era yang sedang berubah.

Menurut Velix, Presiden SBY sangat serius dalam menekankan pendekatan kewilayahan dalam kerangka pembangunan nasional. Keseriusan tersebut, lanjut Velix, tampak dari penyusunan  Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Buku Velix berusaha menggambarkan konteks perubahan perencanaan nasional, latar belakang kebijakan nasional, dan kebijakan nasional  periode 2010-2014. Selain itu, buku ini juga menggambarkan sasaran pembangunan, prioritas nasional, dan kerangka ekonomi makro di lima tahun periode kedua pemerintahan SBY.

"Saya berharap buku ini bisa memberikan semangat, bahwa membangun bangsa di situasi yang terus berubah, memang tidaklah mudah," ujar Velix. Menurut dia, semua elemen masyarakat punya tanggungjawab dalam pembangunan.  "Kita semua pekerjaan rumah,"  katanya.

ELLIZA HAMZAH

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...