Jul 8, 2013

Velix Wanggai: Dengan Tegas, Australia Akui Papua dalam Bingkai NKRI

8 Jul 2013 19:02:42
Velix Wanggai: Dengan Tegas, Australia Akui Papua dalam Bingkai NKRI
Velix Wanggai (Foto: Aktual.co/Istimewa)
 
Jakarta, Aktual.co — Australia mendukung otonomi khusus plus untuk Papua. Perdana Menteri Australia Kevin Rudd sempat menegaskan hal tersebut dalam kunjungannya ke Indonesia.

Demikian disampaikan Staf Khusus Presiden bidang Otonomi Daerah dan Pembangunannya Daerah, Velix Wanggai dalam keterangannya kepada Aktual.co, Senin (8/6).

"Posisi Australia dalam menghormati kedaulatan Indonesia, dan mengakui wilayah Papua di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Velix.

Kevin Rudd mendukung arah baru bagi Papua ini, dan ia mengatakan sebagai Perdana Menteri Australia akan mendukung apa saja langkah untuk arah baru dalam payung Otonomi Khusus Plus ini.

Menurut Velix, PM Kevin Rudd telah melihat keberhasilan yang dilakukan oleh Presiden SBY untuk Aceh, dan Australia siap bekerja sama dengan Indonesia untuk membangun Papua yang aman, sejahtera, dan damai yang stabil berjangka panjang.

Australia berkomitmen untuk mendukung percepatan pembangunan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Laporan: Oddy Karamoy

Ari Purwanto

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...