Mar 13, 2011

DJI dan Van Bronckhorst Gebrak Indonesia

Minggu, 13 Maret 2011 | 21:00 WIB
Istimewa
Para anggota De Jong Indonesian saat disambut Velix Wanggai, Staf Khusus Presiden RI Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (13/3/2011).

TERKAIT

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedatangan 23 pemain sepak bola keturunan Indonesia yang bermain pada beberapa liga Eropa atau dikenal dengan nama De Jong Indonesian (DJI), Minggu (13/3/2001), mendapat sambutan antusias dari publik sepak bola Indonesia. Berbagai kegiatan mereka dalam seminggu ke depan diperkirakan akan menyedot perhatian fans sepak bola, khususnya kaum muda dan remaja.

“Kami berharap, para pelajar sekolah sepak bola, pemain muda di klub sekolah maupun klub amatir, serta fans belia dari berbagai klub di tanah air dapat memetik pelajaran dari De Jong Indonesian. Kita bisa melihat bahwa pemain-pemain sepak bola yang memiliki darah Indonesia juga mampu berkiprah di liga kelas atas Eropa dan menorehkan prestasi gemilang di sana,” kata Velix Wanggai, Staf Khusus Presiden RI Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah.

Paman dari pemain timnas Indonesia, Octo Maniani, itu menyebut beberapa pesepak bola top Eropa keturunan Indonesia yang pantas mejadi idola pemain muda lokal, seperti Giovanni van Bronckhorst, mantan kapten timnas Belanda yang pernah membela Barcelona, Robin van Persie, pemain sayap tim Arsenal, dan Radja Nainggolan, pemain junior Belgia yang berkarier di klub Cagliary, Italia.

Velix Wanggai bersama jajaran Kementerian Pemuda dan Olahraga dan puluhan perwakilan fans sepak bola Indonesia pada Minggu (13/3/2001) siang turut menjemput kedatangan De Jong Indonesian di Bandara Soekarno-Hatta.

Kedatangan tim yang didampingi pelatih Johny Taihatu itu merupakan bagian dari program “Indonesia Tanah Air Beta” yang digagas oleh Kantor Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah dan Kemenegpora. Program itu merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden SBY kepada kedua lembaga untuk mempromosikan pendidikan kepada masyarakat melalui olahraga sepak bola (educating mind and heart with football).

Sebanyak 23 anggota tim De Jong Indonesian yang telah menginjakkan kaki di Jakarta itu antara lain Steven Steegh (Borussia Moenchengladbach/Jerman), Stiva Taihattu (PSV Eindhoven/Belanda), Jemayel Maruanaya (Fortuna Sittard/Belanda), dan Michael van Venn (RC Genk/Belgia). Menurut rencana, Giovanni van Bronckhorst yang sukses mengantarkan Belanda menjadi runner-up pada Piala Dunia 2010 akan bergabung dengan rekan-rekannya pada 17 Maret nanti.

Dalam seminggu ke depan, De Jong Indonesian akan mengadakan pertandingan persahabatan dengan klub-klub lokal di Maluku, Jakarta, Bandung, serta melakukan kegiatan coaching clinic, kunjungan amal, dan event akbar “5000 Pesepak Bola Menggiring Bola”.

“Anggota tim De Jong Indonesian rata-rata berusia muda. Beberapa dari mereka juga tertarik untuk membela tim Merah Putih,” tandas Velix.

Penulis: Hery Prasetyo | Editor: Hery Prasetyo | Dibaca : 9111

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...