Jun 9, 2013

Mensos: Kepedulian dan Gotong Royong adalah Kunci Kedaulatan NKRI


Tgl: 08/06/2013 07:33 Reporter: Ria Saptawati
KBRN, Jakarta : Kepedulian terhadap penduduk pulau-pulau di Indonesia, merupakan kunci terjalinnya semangat dan kedaulatan NKRI. Kementerian Sosial berkomitmen mempererat dengan Safari Bakti Kesetiakawanan Sosial.

“Kementerian Sosial (Kemensos) memiliki komitmen untuk menyapa penduduk di berbagai pulau dengan serangkaian program pro rakyat,” kata Menteri Sosial Salim Segaf Aljufri dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (7/6/2013).

Mensos mengatakan, rombongan Safari Bakti Kesetiakawanan Sosial (SBKS) dengan KRI Banjarmasin 592 bersandar di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal), Waingapu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“KRI Banjarmasin 592 mengangkut 300 relawan dari rombongan SBKS, bersandar setelah berlayar 3 hari 5 jam di Waingapu, NTT,” tandasnya.

Rombongan SBKS, mendapatkan sambutan luar biasa dari berbagai elemen masyarakat dan jajaran pemerintahan setempat. Di etape pertama, di Waingapu, NTT, rombongan SBKS melakukan kegiatan bedah kampung 100 rumah tidak layak huni, pengobatan, pembinaan usaha ekonomi produktif, simulasi kampung siaga bencana, penukaran uang, serta home stay.

“Di Waingapu bertindak sebagai yang dituakan dalam kegiatan dua hari adalah Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah Velix Vernando Wanggai,” tandasnya.

Menurut Velix, SBKS merupakan semangat untuk membangun kebersamaan dan pembuktian, bahwa gotong royong masih ada dan kuat di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang majemuk.

“Waingapu salah satu wilayah yang berpotensi maju dan bisa menjadi motor penggerak wilayah lainnya di NTT,” ujarnya.

Rombongan SBKS terdiri dari masyarkat, lembaga swadaya masyarakat, organisasi masyarakat, organisasi sosial, pemuda, mahasiwa, TNI dan Polri dan sebagainya.

Semua kegiatan SBKS, diatur dalam manajemen lapangan sesuai keahlian dan potensi yang dimiliki, misalnya, tim distribusi, tim advokasi, tim pemberdayaan, serta tim seni dan budaya.

Setelah di etape pertama di Waingapu, NTT, Rombongan SBKS akan melanjutkan pelayaran ke etape kedua di Pulau Solor, dengan terus menyebarkan semangat kesetiakawanan di bumi nusantara serta menggelorakan semangat NKRI. (Ria/LL/WDA)

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...