Jun 5, 2013

Velix Wanggai: Masyarakat Inginkan Program Pro-Rakyat Terus Dilanjutkan

Selasa, 04 Juni 2013 - 16:17 WIB
Oleh : DESK INFORMASI
 



Program-program Pemerintah saat ini, khususnya yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat dan pro rakyat, dirasakan sangat bermanfaat oleh masyarakat di pelosok-pelosok perdesaan. Mereka meminta program ini tetap berjalan dan jangan terhenti meskipun periode pemerintahan SBY serta masa tugasnya berakhir, karena program  ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di perdesaan.

Demikian kesimpulan yang diperoleh Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah, Velix Vernando Wanggai, setelah menerima laporan Asisten Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah, Sultan Muchtar dan Irwansyah, yang bersama-sama dengan sejumlah pejabat Bappenad dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)  melakukan kunjungan lapangan atas pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PNMP-PISEW) di di Desa Perpat, Dusun Karang Asem, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung pada akhir Mei 2013.

PNPM-PISEW adalah salah satu program inti dari PNPM yang memiliki kriteria berorientasi pada konsep "Community Driven Development (CDD)" dan "Labor Intensive Activities (LIA)". Sebagai bagian dari PNPM, PISEW memiliki 3 (tiga) tujuan utama, yaitu pertama, mengurangi kesenjangan antarwilayah dengan cara membentuk dan membangun Kawasan Strategis Kabupaten (KSK), kedua, memperkuat lembaga Pemerintah Daerah dan institusi lokal di tingkat desa, dan ketiga, sebagai tujuan akhir adalah mengurangi tingkat kemiskinan dan angka pengangguran. 

Kesemua tujuan tersebut, lanjut Velix, akan diupayakan melalui pendekatan percepatan pembangunan ekonomi masyarakat yang berbasis sumberdaya lokal melalui pembangunan sarana prasarana sosial dan ekonomi dasar di perdesaan.

Dari hasil diskusi dengan kelompok masyarakat Di Desa Perpat, Dusun Karang Asem, Kecamatan  Membalong, diperoleh kesimpulan bahwa program PNPM-PISEW yang menjadi salah satu program unggulan pemeritah saat ini sangatlah membantu dan berdampak langsung ke masyarakat, khususnya sektor pertanian dan perkebunan setempat. 

“Para petani yang merupakan transmigran dari Magelang Provinsi Jawa Tengah meminta program ini tetap berjalan dan jangan terhenti meskipun periode pemerintahan SBY serta masa tugasnya berakhir, karena program  ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di perdesaan,” ungkap Velix Wanggai di Jakarta, Senin (3/6).

Dalam kunjungan itu, tim juga melakukan Dpeninjauan ke gudang milik masyarakat Desa Perpat yang telah dibangun dari program PNPM- PISEW. Gudang ini dibangun untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan pupuk, hasil pertanian dan pangan ternak yang akan di kelola secara swadaya masyarakat (Kelompok Petani) setempat. (Kun)

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...