Jun 5, 2013

PNPM Infrastruktur Jangan Terhenti Meski SBY Tak Lagi Jadi Presiden


4 Jun 2013 17:17:07

Jakarta, Aktual.co - Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah Velix Wanggai meninjau Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PNMP-PISEW) di di Desa Perpat, Dusun Karang Asem, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Dari hasil diskusi dengan kelompok masyarakat di Desa Perpat, Dusun Karang Asem, Kecamatan Membalong, Velix menarik kesimpulan yang menarik. Kesimpulan tersebut adalah, program PNPM-PISEW yang menjadi salah satu program unggulan pemeritah saat ini sangat membantu dan berdampak langsung ke masyarakat, khususnya sektor pertanian dan perkebunan setempat.

"PNPM-PISEW adalah salah satu program inti dari PNPM yang memiliki kriteria berorientasi pada konsep "Community Driven Development (CDD)" dan "Labor Intensive Activities (LIA)"," kata Velix dalam keterangannya kepada Aktual.co, Selasa (4/6).

Sebagai bagian dari PNPM, imbuhnya PISEW memiliki tiga tujuan utama, yaitu pertama, mengurangi kesenjangan antar wilayah dengan cara membentuk dan membangun Kawasan Strategis Kabupaten (KSK). Kedua, memperkuat lembaga Pemerintah Daerah dan institusi lokal di tingkat desa. Dan ketiga, sebagai tujuan akhir adalah mengurangi tingkat kemiskinan dan angka pengangguran.

"Kesemua tujuan tersebut, lanjut Velix, akan diupayakan melalui pendekatan percepatan pembangunan ekonomi masyarakat yang berbasis sumberdaya lokal melalui pembangunan sarana prasarana sosial dan ekonomi dasar di perdesaan," tambahnya.

Para petani di Desa Perpat, Dusun Karang Asem, Kecamatan Membalong, tambah Velix, adalah transmigran dari Magelang Provinsi Jawa Tengah. Mereka meminta program ini tetap berjalan dan jangan terhenti meskipun periode pemerintahan SBY serta masa tugasnya berakhir.

Dalam kunjungan itu, tim juga melakukan peninjauan ke gudang milik masyarakat Desa Perpat yang telah dibangun dari program PNPM- PISEW. Gudang ini dibangun untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan pupuk, hasil pertanian dan pangan ternak yang akan di kelola secara swadaya masyarakat (Kelompok Petani) setempat.
Ari Purwanto

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...