May 5, 2013

Ribuan Warga Papua Tegaskan Semangat Indonesia di Bundaran HI

Minggu, 05 Mei 2013 - 09:51 WIB
Oleh : Desk Informasi, Setkab.go.id

















Di tengah ulah segelintir warga Papua di luar negeri yang ‘memaksakan’ pemisahan diri dari Indonesia melalui pembukaan kantor di Oxford, Inggris, sekitar 4 (empat) ribuan warga Papua di kawasan Jabotabek menggelar acara The Soul of Papua – 50 tahun Pesta Emas Papua -- di Bundaran Hotel Indonesia, seberang Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Minggu (5/5). 

Dalam kesempatan itu Gubernur Papua Lukas Enembe yang hadir didampingi jajaran Muspida Papua menegaskan semangat keIndonesiaan warga Papua untuk amemperkokoh integrasi Papua sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam acara yang sekaligus dimaksudkan sebagai soft launching Papua Siap Menjadi Tuan Rumah PON 2020 itu, hadir antara lain Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam; Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan dan Otonomi Daerah Velix Wanggai; atlet nasional asap Papua seperti Okto Maniani, Patrich Wanggai, Ferry Pahabo, Gerard Pangkali; dan Metu Duaramuri; dan artis-artis asal Papua seperti Lala Suwages, Nobo Sasamu, dan Bona Pascal.

Terima Kasih Indonesia

Gubernur Papua Lukas Enembe dalam sambutannya mengatakan, banyak kemajuan yang sudah dicapai selama Papua bergabung dalam NKRI. Banyak juga kontribusi Papua untuk Indonesia. “Papua bangga menjadi bagian Indonesia,” tegas Lukas Enembe.

Gubernur juga menegaskan, tidak ada sekat-sekat, tidak ada hitam putih, semua yang ada di Papua sama dengan semua yang ada di NKRI, bahwa semuanya sama ‘Merah Putih’.

Disebutkan Gubernur Papua, saat ini sudah banyak anak-anak Papua yang mewakili Indonesia berkiprah di dunia internasional, tidak terkecuali dengan para atlet yang mewakili sejumlah cabang olahraga.

Karena itu, Gubernur Lukas Enembe menegaskan kesiapan Papua untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 mendatang.
“Beri kesempatan Papua untuk menjadi tuan rumah PON, kami akan tunjukkan mampu menjadi tuan rumah yang baik,” seru Lukas.

Menurut Gubernur, semangat ke-Indonesia-an kita akan kokoh bila Papua diberi banyak kesempatan.

Acara The SOUL of Papua itu semakin meriah dengan kehadiran para penyanyi Papua yang memperdengarkan lagu-lagu daerah, penampilan para atlet bola, dan pertunjukan Yospan Masal (tari Papua bersama).
(TAD/ES)

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...