Nov 14, 2011

Pemerintah Akan Percepat Dialog Jakarta-Papua

Penulis : Ary Wibowo | Senin, 14 November 2011 | 20:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyatakan akan terus berupaya untuk mempercepat pelaksanaan dialog Jakarta dan Papua. Hal itu dikemukakan Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah, Velix Wanggai, menanggapi desakan dari berbagai pihak untuk mempercepat pelaksanaan dialog tersebut.

"Pemerintah mengharapkan ada yang dicapai dalam satu tahun ini. Dan mudah-mudahan target tiga bulan ke depan ada yang tercapai. Target jangka sangat pendek yang harus terwujud dalam 2012," ujar Velix di Jakarta, Senin (14/11/2011).

Ditambahkan Velix, di masa pemerintahan yang tinggal tersisa tiga tahun lagi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah menegaskan untuk tahun 2012 mendatang, harus ada action plan atau blue print dari kebijakan-kebijakan yang akan dilakukan pemerintah untuk pelaksanaan dialog tersebut."Tetapi tentu kita akan lakukan pemetaan persoalan yang ada di masyarakat Papua terlebih dahulu," kata Velix.

Selain itu, lanjut Velix, pemerintah juga akan melakukan pemetaan dan pendekatan dengan kelompok-kelompok strategis di Papua. Setelah itu, baru pemerintah akan menyusun kebijakan dan mekanisme format dari komunikasi kontrukstif yang akan dilakukan dalam dialog Jakarta-Papua.

Meski demikian, Velix mengatakan untuk membentuk forum dialog konstruktif tersebut memang diperlukan waktu yang cukup memadai. Ia menilai, Papua sangat berbeda dengan Aceh, di mana banyak organisasi atau kelompok masyarakat sehingga diperlukan banyak pemetaan lebih serius.

"Yang pasti kalau beberapa hari ini sudah dilakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait. Jadi, mudah-mudahan ini semua dapat dilakukan dalam action plan jangka pendek ya. Dan ini berarti memang teman-teman harus berlari, harus sprint mengejar ini semua," kata Velix.
Editor :
Aloysius Gonsaga Angi Ebo

No comments:

Staf Ahli Bapennas: Ibu kota direncanakan pindah pada semester I 2024

  Selasa, 21 Desember 2021 17:32 WIB   Tangkapan layar - Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando ...